HI-BEAT, Awal Mula Kami Bertemu


Hi-Beat adalah nama band semasa SMP saya. Saya adalah alumni SMP Negri 1 Kota Solok. SMP yang masih menggunakan bangunan peninggalan Belanda, apalagi katanya masih ada sumur tua yang udah ditutup keberadaan yang menjadi saksi bisu peristiwa penjajahan yang pernah terjadi di Kota Solok ini.

Hi-Beat merupakan singkatan dari (High and Beat), biar ga capek bacanya disingkat menjadi Hi-Beat. Hi-Beat adalah grup band yang bisa dikatakan band dadakan yang emang udah kami persiapkan untuk ujian seni di sekolah saya. Dalam ujian seni ada 2 kategori yakni, pertunjukkan seni dan seni keterampilan. Pertunjukkan seni terbagi menjadi pertunjukkan musik dan pertunjukkan tari dan ujian seni keterampilan terbagi menjadi seni lukis, pahat/ukir. Kenapa kami memilih pertunjukkan seni yaitu pertunjukkan musik, itu karena kami orangnya kaku banget. Kalo menari kayak robot dan kalo menggambar pasti jadinya aneh. Walau sih ada beberapa anak di Hi-Beat ini memang jago menggambar. Apalagi menggambar karakter anime bah jangan ditanya, 99% mirip wkwkwk

Hi-Beat terdiri dari anak-anak yang cupu dimasanya, kegiatanya ya kalo ga fokus di organisasi ya kerjaanya baca komik dan main kartu yugi-oh (kartu yugi-oh adalah permain kartu dari Jepang yang hits banget zaman-zaman 2006) serta sibuk ama olimpiade, yap bukan saya ya wkwk. Hi-Beat sendiri terdiri dari vokalis 1 adalah Alief Moulana anak dari kelas 9D, vokalis 2 adalah Andika R. Wiguna anak kelas dari 9B, gitaris 1 adalah Yogi Hidayatul Akbar dari 9G, gitaris 2 adalah Abdul Rahman S. dari 9A (Kalo ga salah), keyboardist adalah Agung F. Z. dari 9B, Bassist adalah Romi Ade S. dari 9G dan terakhir drummer saya sendiri dari kelas 9B. Pada kelas 9 anak-anak unggul sewaktu kelas 8 dulu dicampur sehingga kami bisa bertemu dikelas 9 ini.
               
Yuk kita sedikit bahas bagaimana sih karakter-karakter di Hi-Beat ini. Kita mulai dari Alief Moulana, alief adalah anak paling pinter di SMP 1 Kota Solok. Alief sangat suka banget ama matematika, hampir semua olimpiade dan perlombaan yang dia ikuti pasti menang terus. Ga kebayang donk cara belajarnya bagaimana. Pokoknya dia orang yang bisa bagi waktu antara belajar, organisasi dan main. Kemudian ada Andika R. Wiguna, bisa dikatakan sih dia orangnya agak dingin dan kadang somplak. Andika sangat suka banget hal-hal yang berbau Bahasa inggrish, pokoknya dia ama Alief lancar bangetlah kalo udah ngomong Bahasa inggrish tersebut. Ya lah kan dulunya masuk kelas unggul di SMP. Andika juga ahli kalo menyangkut komputer, selama pelajaran TIK di sekolah yang paling anteng ya dia. Pokoknya dia cowo terkerenlah di Hi-Beat.
              
Lanjut ke Yogi H. Akbar, Yogi sendiri adalah orang yang pendiem di Hi-Beat, jarang ngomong selalu menyelesaikan masalah dengan tindakan. Yogi adalah orang yang paling jago ngegambar, pokoknya di Hi-Beat dialah yang paling dikatakan cocok sebagai seniman. Yap hampir semua alat musik dia bisa, dan lagi kalo udah bermain kartu Yugi-Oh susah banget buat dikalahin, soalnya dia memiliki kartu terkuat di yugi-oh yakni Obelisk The Tormentor dan The Winged Dragon of Ra. Pokoknya susahlah buat ditaklukin. Lanjut ke Abdul Rahman S., Rahman adalah atlit sepak bola di SMP 1, kalo urusan olahraga dia jagonyalah. Rahman juga aktif dikegiatan pramuka, pokoknya hampir setiap kegiatan pramuka sebagai utusan sekolah dia ikut. Pokoknya dia orang paling kekar dan sehat di Hi-Beat wkwk.
               
Pembahasan selanjutnya ada Agung F. Z., Agung adalah anak yang kalo dilihat sekilas pendiam, namun jika udah kenal orang ini lebih lama, lama kelamaan sifat aslinya keluar, pokoknya dia orang yang baik deh. Agung jago banget di pelajaran IPA terutama matematika ama biologi. Kalo dikelas dia yang dapat nilai ulangan yang tinggi. Maklum anak olimpiade dulunya.  Selanjutnya ada Romi Ade S., romi adalah orang yang sangat misterius jarang ngomong, pendiam dan memiliki tatapan yang sadis, yang kapan saja bisa menerkammu. Wkwkwk bercanda kok, romi adalah orang yang baik aslinya, malah romi memiliki suara paling lembut di Hi-Beat. Romi adalah gamer banget, kalo udah berurusan dengan game beh dia fokus banget ampe orang manggilpun ga kedengeran. Romi juga anak yang jago dipelajaran biologi, pokoknya tentang biologi apa aja dia bisa menjelaskan dengan sangat rinci. Terakhir saya Rizky Syaputra. Rizky sih orangnya biasa-biasa aja, orang paling standar lah di Hi-Beat wkwk. Ga menonjol pokoknya anak SMP biasa, ibarat kata sebagai cameolah di Hi-Beat ini. Tugasnya ya ngajak-ngajakin temen-temen tadi buat gabung ke Hi-Beat. Jadi lawan main yugi-oh yogi yang pada akhirnya selalu aja kalah.
               
Setelah kami semua berkumpul kami pun mulai menentukan lagu apa yang akan dibawakan selama ujian pertunjukkan musik tersebut. Kami berpikir-berpikir ampe berhari-hari masih bingung mau bawain apa. Pada suatu hari saya dan yogi pergi ke pasar. Main-mainlah ke sebuah warnet buat mencari referensi lagu apa yang mau dibawain. Sambil mencari lagu referensi, suara dalam warnet pun riuh dan gaduh oleh diputarnya lagu Avenged Seven Fold yang berjudul Bat Country. Yap kami memutuskan buat bawain lagu itu dengan versi seadanya kami karena waktu yang sangat amat sangat terbatas.
                
Waktu latihan pun dimulai, karena kami sangat pengen bawain lagu A7X ini. Kami latihan sangat ekstra, sepulang belajar sore tambahan untuk persiapan UN. Kami selalu menyempatkan diri buat latihan di Rumah Yogi atau di Studio Musik buat gaya-gayaanlah wkwk. Kami belajar hanya bermodalkan aplikasi guitar pro ama nonton youtube aja. Pokoknya kami menghabiskan waktu 2 minggu buat latihan persiapan ujian ini. Perjuangan kami setiap pulang sekolah kami berjalan kaki menuju studio yang kalo di itung-itung bisa menghabiskan waktu ampe 4 menit lamanya. Ya kami ga ada satupun yang membawa kendaraan maklumlah kami rata-rata anak rumahan aja, jadi ya jalan kaki udah sangat hemat. Jadi ya sepulang sekolah disempet-sempetin buat latihan ke studio.
               
Tibalah waktu ujian pertunjukkan musikpun dimulai. Kalo tidak salah kami tampil buat acara pembukaan awal. Bangga banget dunk, ya lah bangga soalnya walau terbentuknya dadakan, untuk mengharmonisasikan nada kami cukup cepat dan kompak. Lagu pada pembukaan tersebut After life dari Avenged Seven Fold. Kemudian akhirnya kami tampil berikutnya membawa kan lagu andalan kami bat country selama pertunjukkan musik berlangsung, kami sangat menikmati sekali suasana tersebut serasa waktu berhenti untuk sejenak. Melihat gaduhnya penonton membuat serasa berada disebuah konser musik sungguhan. Itulah ceria singkat dari Hi-Beat, tak terasa kejadian tersebut udah berlalu 9 tahun lamanya. Temen-temen Hi-Beat pun udah sukses dengan kuliahnya masing-masing.
               
Alief Moulana memutuskan untuk berkuliah di Carleton College di Amerika dengan jurusan Biology and Mathematics. Andika R. Wiguna melanjutkan studinya di Universitas Gunadarma dengan jurusan Teknik Informatika. Yogi H. Akbar melanjutkan studinya di Universitas Andalas dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat. Abdul Rahman S. melanjutkan studinya di Universitas Negri Padang dengan Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Agung F. Z. melanjutkan studinya di Universitas Andalas dengan jurusan Pendidikan Dokter. Romi Ade S. melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada dengan jurusan Pendidikan Dokter dan Saya melanjutkan studinya di Institut Teknologi Sains Bandung dengan jurusan Teknik Pertambangan. Semoga Hi-Beat bisa berkumpul dan bermain musik kembali. Sukses dengan bidang masing-masing teman.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemodelan Air Tanah Menggunakan Software Visual Modflow

Pengendapan Batubara

Air Asam Tambang (AAT)